Ocehan Internet

spongebob head
Ternyata walaupun hanya sebuah film kartun untuk anak anak tetapi film kartun Spongebob Squarepants ini ditonton hampir dari seluruh umur loh,mulai dari anak anak sampai orang dewasa juga suka nonton Spongebob,kenapa ? karena film Spongebob Squarepants sendiri sebenarnya memiliki pesan pesan moral di hampir setiap episodenya,ocin ga bisa nyebutin satu per satu nih (gila banyak banget itu),tapi kita bukan ngebahas tentang pesan pesan moral yang terkandung di tiap episode Spongebob yah,ocin mau ngebahas tentang Sifat sifat manusia berdasarkan karakter dari film Spongebob Squarepants,kamu termasuk yang mana yah ?


1. Spongebob Squarepants


Ini dia si tokoh utama dalam film (ya iyalah judulnya aja pake nama dia),Spongebob adalah orang yang selalu ceria hampir setiap saat,bahkan saat menghadapi sipir penjara yang paling galak pun dia malah tetap santai aja tuh ngadepinnya,terkadang dia bertingkah bodoh,tapi kegigihannya dan kerja kerasnya walaupun selalu gagal dalam tes mengemudi kapal sehingga menjadi murid abadi di sana tetapi tidak menurunkan niatnya dan selalu optimis bahwa suatu saat dia pasti akan memenangkan SIM nya tersebut,dan selain itu dia juga orang yang ulet dan tekun (tidak dalam hal menulis PR dari nyonya puff ya) dalam bekerja di Krusty Krab,bayangin aja,telat 60 detik doang minta di hukum,sekali lagi ocin tekanin yah dia CUMA telat 60 DETIK,tapi dia gamau,dia harus di hukum,emang Spongebob ini contoh yang baik banget buat adik adik di rumah,tapi terkadang sifatnya terlalu berlebihan sehingga membuat tetangganya (Squidward) jadi kesel dan pengen banget pindah rumah,kasihan banget ya si hidung gede Sad smile
2. Patrick Star


Ini entah kenapa ocin nempatin dia di nomer ke dua,bukan cuma karena dia tokoh yang cukup berpengaruh di film kartun ini,ya dia adalah Patrick Star si jenius bintang laut,dia berperan sebagai tetangga dan sahabat baiknya Spongebob Squarepants,siapa sangka bintang laut yang tidak memiliki pekerjaan ini mempunyai bakat bakat hebat,contohnya :

  • Patrick sebenarnya pintar,cuma saklar di dalam otaknya udah copot gatau kenapa dan ga mau tau kenapa bisa kayak gitu.
  • Patrick adalah sahabat yang setia,buktinya dari mereka bayi persahabatan mereka tetap erat hingga kini,meskipun di beberapa episode persahabatan mereka sempat retak hanya karena sebuah masalah yang sebenarnya bisa di selesaikan secara baik baik,contohnya aja waktu Spongebob janji mau ngasih hadiah valentine ama Patrick,gataunya ada hambatan di tengah jalan sampai sampai Partick bosan buat nunggu hadiahnya,juga saat Spongebob dan Patrick membuat pesta selamat datang untuk Sandy saat dia hendak kembali dari Texas,dan ternyata ada kutu yang mengikuti Sandy sehingga kutu tersebut menulari Spongebob dan Patrick juga,akhirnya Patrick menyalahkan Spongebob dan tentu saja Spongebob tidak terima dengan perkataan Patrick.
  • Patrick adalah satu satunya hewan yang mendapatkan penghargaan karena pekerjaannya sebagai pengangguran paling lama dari siapapun,hebat bukan ?
  • Patrick bisa makan Kraby Patty Double Deluxe hanya sekali gigit.
  • Meskipun bodoh dan pengangguran,Patrick tetap bisa mendapatkan SIM hanya dengan sekali mencoba tes mengemudi kapal,bila dibandingkan dengan Spongebob dia masih belum ada apa apanya Smile with tongue out
  • Walau bodoh,tetapi Patrick adalah hewan laut yang tidak suka menghambur hamburkan uang,lihat di episode saat Patrick mendapatkan bola Volley (Mutiara)
3. Squidward Tentacles


Sebenarnya Gurita itu berkaki 8,tapi Squidward hanya berkaki 4 dan bertangan 2. Kenapa ? karena yang menggambar karakter Squidward ingin membuat Squidward terlihat agak normal,bayangkan jika dia benar benar di beri 8 tentacle,mau taruh di mana itu yah? Squidward adalah karakter yang sombong,angkuh,dan merasa dirinya yang paling hebat,dia memiliki cita cita menjadi seorang pemain clarinet hebat atau seorang artist,Musuh bebuyutannya adalah Squilliam temannya saat SMU,ternyata Squidward memang suka menghayal dari SMU,itu terbukti dari ucapan Squilliam fancyson saat Squidward sedang istirahat makan siang,sama seperti yang lain Squidward punya kelebihan dan kekurangan juga,ini dia diantaranya :
Kelebihan Squidward :
  • Walaupun selalu di cela dan di hina,buktinya dia sukses membawa Marching band dari Bikini Bottom ke Bubble bowl,sehingga membuat Squilliam jatuh pingsan saking engga nyangkanya.
  • Dia sukses membawakan orkestra dengan Spongebob dan Patrick,awalnya dia pikir ini akan terlihat kacau saat dia melihatnya,dan hampir putus asa karena hanya terdengar suara jangkrik saat pertunjukan usai,tetapi beberapa detik kemudian penonton memberikan tepuk tangan yang meriah,itulah saat saat sukses Squidward di atas panggung
  • Squidward berhasil membuat patung yang sangat indah saat dia mengajar di Art Class dengan tangannya sendiri,tapi sayang dia tidak menyadari itu yah.
Kekurangan Squidward :
  • Squidward ternyata munafik,buktinya saat dia berpura pura membenci Krabby Patty,saat mencobanya (meskipun hanya sekali gigit dan itu hanya sedikit) tetapi dia berpura pura tidak menyukainya,entah apa alasannya yang jelas dia akhirnya mengakuinya setelah ketahuan ama Spongebob sedang mengendap ngendap di Krusty Krab jam 3 pagi dengan Krabby Patty di tangannya.
  • Squidward adalah pemain Clarinet terburuk,meski tak banyak celaan yang keluar dari mulut orang orang,tetapi mereka tetap menunjukkan rasa ketidak sukaannya terhadap permainan clarinet Squidward,misalnya dengan menutup telinga mereka.
  • Squidward tidak Professional dalam melaksanakan pekerjaan,berbeda dengan Spongebob,dia suka tidur di tempat kerja,berbicara kasar dengan pelanggan,tetapi tetap saja banyak orang yang mendatangi Krusty Krab meskipun pelayanannya sangat payah.
  • Squidward mempunyai banyak karya,tetapi tidak ada satupun yang menarik di mata orang lain,kebanyakan lukisan sih tapi tetap aja engga ada satupun lukisannya yang berhasil di abadikan di dalam museum,tempat sampah mungkin iya.
  • Squidward (atau mungkin juga orang lain) sangat benci memiliki tetangga seperti Spongebob dan Patrick,dia merasa terganggu dengan suara gaduh dari mereka sehingga dia tidak bisa konsentrasi dalam menciptakan suatu karya seni dan dia juga tidak bisa tidur dengan nyenyak pada malam hari.
  • Squidward cuma bisa kerja jadi kasir,buktinya saat dia berhenti dari Krusty Krab dia berencana untuk mencari pekerjaan yang lebih layak,tetapi ujung ujungnya dia cuma jadi pengemis,bahkan rumah kotaknya itu pun di sita -_-
4. Mr. Krab

Siapa yang engga kenal ama Kepiting tua dan pelit satu ini,itu lah dia Tuan Krab,Kepiting yang memiliki banyak uang tapi sangat hemat (hematnya kebangetan),bahkan untuk anaknya sendiri,Pearl. tak jarang Pearl di permalukan di depan teman temannya hanya karna sifat pelit ayahnya itu. Tapi di balik kepelitan Tuan Krab dia ternyata mempunyai nilai positif juga,ini dia :
Kelebihan Tuan Krab :
  • Tuan Krab memang pelit,tapi dia sangat pandai dalam menghemat uang (mungkin karena faktor kepelitan dan kecintaannya terhadap uang)
  • Tuan Krab juga tidak ingin membuang buang uangnya walaupun hanya 1 Penny.
  • Tuan Krab adalah Kepiting yang memulai usaha dari 0 (Nol),kerja keras dan ketekunannya demi meraup uang patut di tiru,dan dia memang benar benar bermental pengusaha,buktinya dia selalu memanfaatkan moment moment penting untuk mendapatkan keuntungan.
Keanehan Tuan Krab :
  • Tuan Krab adalah seekor Kepiting,tidak memiliki Istri tapi memiliki Ibu yang tidak memiliki Ayah (apa mungkin istri tuan krab adalah ibunya sendiri Surprised smile) tetapi memiliki anak Seekor Ikan Paus yang di beri nama Pearl,sampai sekarang belum jelas kepastian mengenai Ibu kandungnya Pearl,setidaknya hingga saat ini.
  • Tuan Krab memiliki kapal,dan itu sudah lebih dari 20 Tahun yang lalu,tetapi dia selalu berjalan kaki ke Restorannya sendiri,apa mungkin karena irit bensin ? atau pengen sekalian olahraga ?
  • Siapa sangka bahwa sebenarnya tuan Krab adalah seekor Kepiting tua ? setidaknya saat dia berkaca di rumahnya dan disana terlihat jelas bahwa dia memiliki kulit yang sudah keriput.
  • Tuan Krab bisa mengeluar masukkan telinga kanan dan kirinya secara bergantian bagaikan piston mobil.
5. Plankton

Atau bisa kita sebut sebagai Rivalnya Tuan Krab,dulu mereka bersahabat,tapi karena sesuatu yang salah akhirnya persahabatan mereka pun retak,Plankton adalah mahluk yang paling gagal di seluruh lautan melebihi siapapun,ini dia beberapa kegagalan Plankton selama dia hidup :
  • Plankton tidak punya teman,bukan karena dia bertubuh kecil tetapi dia adalah orang yang sombong,bahkan keluarganya pun membuangnya
  • Plankton sebenarnya adalah ilmuan yang lumayan hebat,terbukti saat dia menciptakan istri komputernya yang di beri nama Karen,tapi saat dia mencoba membuat suatu penemuan untuk menghancurkan usaha Tuan Krab selalu menemui jalan buntu,mungkin itu yang di namakan karma yah.
  • Plankton selalu berakhir dengan buruk saat menjalankan rencana jahatnya untuk menghancurkan usaha Tuan Krab,makanya kita ga boleh jahat sama orang lain.
  • Plankton pernah hampir berhasil mendapatkan Resep rahasia Kraby Patty,dengan ide spektakulernya yaitu menyatukan kembali keluarga Plankton untuk melawan seisi Krusty Krab yang memiliki badan lebih besar darinya,tetapi dia tetap saja menemui kegagalan saat melihat resep palsu yang berisi bumbu rahasia Krabby Patty,disana tertulis bahwa Plankton termasuk dari salah satu bumbu rahasia kraby patty,akhirnya diapun lari terbirit birit ke rumahnya.
Masih banyak lagi nama karakter dan sifat sifat dari masing masing karakter yang belum ocin sebutin,ocin cuma bisa ngebahas segitu doang nih,kalo di lanjutin masih banyak lagi pastinya,kalo kamu ngerasa bahwa tulisan di atas terasa kurang silahkan share di kolom komentar di bawah Smile
(OCIN)

Categories: , ,

One Response so far.

  1. Unknown says:

    Maaf, sebenarnya Squidward itu gurita apa cumi-cumi?
    Kalo diartiin ke bhsa Inggris, squid=cumi-cumi :)

Leave a Reply